Cara Bikin Yoghurt

Cara membuat Yoghurt

By: Herlan Jaelani

cara bikin yghurt
cara buat yoghurt

Hallo teman-teman semua, bertemu lagi dengan saya herlan . Kembali saya akan melanjutkan pembahasan tentang yoghurt, dimana pada kesempatan ini kita sudah masuk ke tahap pembuatan yoghurt. Untuk teman-teman yang belum membaca tentang pembahasan saya yang terdahulu yaitu tentang peralatan dan bahan serta formulasi dalam pembuatan yoghurt, moggo di check dulu sekarang, biar tidak setengah-setengah ilmu yang didapatnya…

Untuk melanjutkan pembahasan tentang cara pembuatan yoghurt saya tidak akan berpanjang lebar untuk menjelaskannya. Saya akan menjelaskannya secara singkat dan sederhana sehingga teman-teman semua bisa mengerti bagaimana cara pembuatan yoghurt ala SMKN 1 Cibadak.

Baik kita mulai saja dari sekarang,

  1. Siapkan alat dan bahan yang kita butuhkan. Alat dan bahan telah saya bahas pada artikel yang terdahulu, jika teman-teman lupa dengan hal diatas monggo chek ulang artikel saya dan teman teman boleh catat agar tidak lupa lagi.
  2. Sterilkan terlebih dahulu peralatan yang akan kita gunakan, jika peralatan yang terbuat dari stainless dan kaca, bisa kita menggunakan oven sebagai alat untuk mensterilkan peralatan tersebut. Sedangkan untuk peralatan yang terbuat dari plastic, gunakan air panas untuk mensterilkannya. Suhu sterilisasi harus lebih dari 100OC. Hal ini dikarenakan ada banyak bakteri yang bersifat thermofilik yaitu bakteri yang tahan terhadap panas, sehingga kita harus menggunakan suhu yang lebih panas lagi dengan waktu yang lebih lama agar bakteri tersebut bisa tidak aktif. System sterilisasi terbagi menjadi 2 yaitu:
  • Sterilisasi dengan menggunakan suhu yang tinggi tapi waktu sebentar  atau dalam bahasa asingnya High Themperatur Short Time ( HTST)
  • Stelisasi dengan menggunakan suhu High Themperatur Long Time (HTLT)
  1. Setelah semua peralatan siap digunakan dengan catatan telah disterilkan, maka panaskan susu dengan menggunakan suhu yang tidak terlalu besar, halini disebabkan agar susu tidak pecah, istilah susu pecah adalah kandungan susu yaitu Skim dan Krim terpisah sehingga membentuk pdua bagian cairan terdapat dibawah sedangkan bagian krim mengambang diatas.
  2. Aduk secara berkala agar susu pada bagian bawah tidak gosong, hal ini disebabkan susu banyak mengandung kadar gula  (Sukrosa) yang tinggi. Dan juga menjaga agar suhu susu agar lebih rata. Panaskan susu dengan suhu dibawah 80OC sampai volume susu berkurang menjadi ¾ bagian volume susu awal, proses pemanasan ini ( Pasteurisasi) membutuhkan waktu 45-60 menit jika susunya banyak.
  3. Siapkan air dalam wadah yang lebih besar dari pada panci, hal ini untuk menampung air dingin untuk mempercepat dalam proses selanjutnya yaitu proses Cooling/ pendinginan. Jadi susu yang telah di panaskan segera didinginkan kembali sampai mencapai suhu 43OC
  4. Jika susu telah mencapai 43OC maka tahap selanjutnya adalah inokulasi bibit, inokulasi bibit adalah proses memasukkan bibit yoghurt kedalam susu sehingga susu bisa berubah menjadi yoghurt.
  5. Setelah inokulasi maka selanjutnya adalah inkubasi/fermentasi. Yaitu proses penyimpanan dengan suhu yang telah dikondisikan. Proses fermentasi ini memang memakan waktu yang tidak sebentar yaitu jika kita tempatkan dalam incubator dengan suhu 38OC maka dalam waktu 4 jam yoghurt sudah bisa dipanen, sedangkan jika kita tidak menggunakan incubator, lama proses  fermentasinya lebih panjang yaitu 6-8 jam.
  6. Setelah yoghurt terbentuk, kita bisa menambahkan bahan yang dapat menambah cita rasa yang sesuai dengan selera anda.

Demikian proses pembuatn yoghurt yang bisa saya sampaikan. kurang lebihnya saya mohon maaf, jika ada kekurangan atau teman-teman  kurang paham dengan apa yang telah saya uraikan diatas, teman-teman bisa menanyakannya lewat submit coment. Terimakasih dan semoga bermanfaat untuk kita semua…salam sahabat,…

…Selamat menikmati yoghurt buatan anda…

3 thoughts on “Cara Bikin Yoghurt

  1. bgm cara menambahkan buah segar kedalam yogurt.apa sy harus membuat jus buah dulu kemudian langsung campurkan kedalam panci yg berisi sogud sambil diaduk2.dan seberapa gula utk 1 liter susu murni.mohon penjelasannya

    • untuk penambahan jus buah bisa dilakukan ketika yoghurt sudah jadi atau selesai difermentasi. prosesnya bisa dilakukan ketika yoghurt sudah dipanen dan akan dikemas untuk di bekukan ataupun ketika akan dikonsumsi. terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s