Bahan Pembuatan Yoghurt

Bahan Pembuatan Yoghurt

By: Herlan Jaelani

bahan yoghurt
bahan membuat yoghurt

Hallo teman-teman berjumpa lagi dengan saya. Pada postingan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai  yoghurt Smkn 1 Cibadak. Pada postingan saya sebelumnya saya telah membahas tentang peralatan sederhana untuk membuat yoghurt. Sedangkan kali ini saya akan membahas tentang bahan-bahan pembuatan yoghurt. Baik dengan tidak panjang lebar saya akan langsung membahasnya satu persatu.

Bahan yang digunakan adalah terdiri dari bahan utama dan bahan tambahan.

  • Bahan Utama
  1. Susu sapi segar: Susu yang didapat langsung dari peternakannya sangat disarankan. Karena susu tersebut masih murni dan tentunya segar. Tapi jika teman-teman kesulitan untuk bisa mendapatkan susu murni yang segar, teman-teman bisa menggantinya dengan susu dalam kemasan. Tapi ingat ya susunya yang plain alias tidak diberi rasa baik itu coklat, strawberry ataupun yang lainnya.
  2. Biakan yoghurt/bibit yoghurt yang terdiri dari Streptococcus Thermophillus (ST) dan Lactobacillus Bulgariccus (LB)masing-masing perbandingannya 1:1  sedangkan perbandingan dengan susunya adalah max. 5% itu berarti 2,5% ST dan 2,5% LB.

Peranan biakan tersebut adalah pada saat pertama kali biakan dimasukan dalam susu maka bibit yang pertama bekerja adalag ST, karena sesuai dengan namanya maka pada saat susu masih dalam keadaan hangat maka ST mengubah bentuk susu menjadi lebih kental/pasta secara kasat mata terlihat seperti pudding. Dan setelah itu maka LB bekerja untuk merubah rasa susu menjadi asam segar. Hal ini di buktikan rasa yoghurt tidak asam pada beberapa saat setelah bibit dimasukan kedalam susu. Untuk secara ilmiah saya belum bisa menjelaskan terlalu dalam karena pada saat saya belajar di SMKN 1 Cibadak saya hanya memperdalam ilmu mengenai pembutannya saja sedangkan untuk teorinya ilmiahnya  tidak saya dalami lagi.

  • Bahan tambahan

Bahan tambahan ini di gunakan seandainya yoghurtnya sudah jadi, hal ini merupakan untuk menambah cita rasa dan juga aroma yang kita inginkan. Baikalah teman-teman, pasti kalian ingin merasakan yoghurt yang mempunyai rasa yang segar dan tentunya bersahabat dengan lidah kita. Karena pada dasarnya orang Indonesia itu tidak akrab dengan rasa yoghurt yang alami atau plain. Tapi dibalik rasa alami/ asamnya yoghurt itu menyimpan banyak manfaat untuk tubuh kita.

Berikut bahan tambahan yang bisa kita tamabahkan beserta takarannya:

  1. Syrup Gula : perbandingan antara gula dengan air adalah 10:3, jadi teman –teman panaskan air 10 ltr kemudian tambahkan gula 3 kg. ingat ya…teman-teman pilih gula pasir yang warnanya putih, jangan yang warnanya kuning, karena itu akan berpengaruh terhadap penampakan yoghurt tersebut. Jika kita menambahkan gula pasir yang berwarna agak kekuningan maka penampakan yoghurt akan terlihat kurang menarik dan kusam. Sedangkan untuk perbandingan syruf gula dengan yoghurtnya adalah 3:5, jadi teman teman menmbahkan syrup gula 3 liter kedalam 5 liter yoghurt plain.
  2. Pasta dan Essense: tambahkan 5-8ml/5ltr yoghurt.  Jangan menggunakan pasta dan Essense secara berlebih karena tidk baik juga untuk kesehatan.
  3. Syrup yang telah memiliki rasa dan aroma sangat saya sarankan, jika memang pembuatan yoghurt ini memang untuk konsumsi sendiri karena kita tidak direpotkan lagi dengan pembuatan dan persiapan bahan yang lainnya.
  4. Jus buah-buahan, jus buah sangat banyak mengandung vitamin. Sehinnga jika kita menambahkan jus buah pada yoghurt maka kita secara langsung menambahkan nilai gizi untuk yoghurt tersebut, selain itu rasanyapun menjadi lebih lezat.

Demikian teman teman yang dpat saya bagikan untuk kesempatan kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Terutama untuk anda-anda yang memang sedang mencari informasi ini. Jika teman teman ada pertanyaan, silahkan posting di halaman coment, jika ada kesempatan pasti akan saya balas…

Karena waktu saya tidak begitu banyak, biasa karyawa…n hehe, maka untuk teknik prosesnya akan saya tunda pada postingan berikutnya. Untuk itu tetap nantikan postingan saya selanjutnya ya…terima kasih.

4 thoughts on “Bahan Pembuatan Yoghurt

  1. Saya lagi cari biang yoghurt ,ada jual ga?
    Saya juga mau mencoba bisnis minuman yoghurt kecil2an.minta saran nya ya…..

  2. slm knal teman,saya dr bogor cigombong ga terlalu jauh.he gw pngn bisa bikin yoghurt pngen nyoba juga bisnis dari yoghurt itu,tolong dong krimin bhannya via email aja tpi yg mudah gw daptin dan ga susah nyarinya yah,mhon bntuanya :)

Leave a Reply

